Kepala Desa Jatimulya Mengajak Masyarakat Mensukseskan Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional di Desa Jatimulya 

Terbaru64 Dilihat

BANTEN – RISETNEWS.COM

Lebak – Pemerintah desa Jatimulya bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak yang diwakili oleh Puskemas Cisalam menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Aula desa Jatimulya. Pada hari Jumat, 19 Juli 2024.

Kegiatan ini merupakan persiapan untuk melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024, sebagaimana disampaikan oleh Bidan Yuli, S.Keb. dari puskesmas Cisalam, bahwa untuk mencegah penyakit yang luar biasa Poliomylitis atau penyakit polio, sehingga akan dilaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) serentak selama satu pekan dari tanggal 23 Juli 2024 sampai dengan 29 Juli 2024.

Adapun anak-anak yang akan mendapatkan vaksin polio ini adalah anak yang berusia 0 tahun sampai dengan 7 tahun 11 bulan 29 hari. Sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional kepada kader di desa Jatimulya dihadiri Rusyadianto kepala desa Jatimulya dan jajarannya, Ujang Babinsa Jatimulya, ketua PKK Yuyun bersama seluruh kader kesehatan desa Jatimulya.

Sambutan dari pemerintah desa Jatimulya kepala desa dan diwakili Candra Kasie Ekbang, mengajak kepada masing masing kader posyandu harus dipahami apa itu PIN dan bekerja harus lebih giat lagi demi peningkatan kesehatan untuk masyarakat desa Jatimulya, adapun usulan terkait honor kita udah ajukan mudah-mudahan cepat terealisasi, dan terkait masalah BPJS kesehatan bilamana BPJS tidak aktif segera di koordinasikan pemerintah desa, untuk memberikan pelayanan yang tidak terhambat terutama ibu lansia, ibu hamil dan yang sakit, sehingga tidak ada masalah dengan rumah sakit dan masyarakat,” papar Candra Kasie Ekbang dalam sambutannya.

Ujang selaku Babinsa mengapresiasi atas usulan oleh desa Jatimulya terkait kenaikan honor yang disampaikan oleh kepala desa Jatimulya Rusyadianto, dan Babinsa pun menyatakan kesiapannya untuk mendampingi penyuntikan Polio dalam program PIN tersebut, dan kita sama-sama untuk menyampaikan kepada masyarakat supaya paham, bahwa imunisasi itu mencegah penyakit agar anak-anak supaya sehat, dengan tujuan pemerintah warga dan rakyatnya sehat.

Rusyadianto kepala desa Jatimulya menambahkan,”kami akan mengintruksikan kepada seluruh ketua RW. dan RT. yang nantinya supaya membantu untuk mensosialisasikan program pemerintah ini (PIN) dan ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk kesehatan masyarakat, khususnya anak-anak di desa Jatimulya.

Selanjutnya dari pihak Puskesmas Cisalam Yuli, S.Keb. yang memberikan pengarahan dalam rangka sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional yang secara detail memberikan pengarahan kepada kader-kader kesehatan di desa Jatimulya untuk pelaksanaan program PIN tersebut.

Lebih lanjut, Yuli mengatakan,”sosialiasi tahap 2 ada tiga grup, yakni Posyandu, TK dan SD dari Puskesmas Cisalam pun akan ada bantuan tenaga cadangan, kegiatan ini dalam rangka mencegah penyakit Polio khususnya anak-anak yang ada di desa Jatimulya.

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. Penyakit polio terutama menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. (Yans/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *