Warga Petani Di Desa Gentungan Meradang Beli Pupuk 140.000/Zak Ke Pengecer

Daerah56 Dilihat

GOWA–RISETNEWS.COM

Masyarakat petani di Desa Gentungan Kec.Bajeng Barat Kab.Gowa, mengeluhkan kenaikan pupuk yang sangat mencolok seharga 140.000/Zak.

“Kami beli pupuk pak 140 ribu/zak sangat memberatkan sementara saya dengar di kecamatan Bontonompo hanya 125 ribu/Zak ,”ungkap salah seorang petani yang tidak mau dipublis namanya.

Dg Maro pemilik kios Paraikatte selaku pengecer pupuk untuk wilayah Desa Gentungan dan Desa Bontomanai kepada awak media, Senin 15/01/2024 mengaku menjual pupuk dengan harga 140 ribu/Zak.

Menurut dg Maro kenaikan harga pupuk tersebut katanya terpaksa dia lakukan karena dirinya selaku pengecer diwajibkan atau diharuskan mengambil NPK Pelangi Joss non subsidi oleh distributor yang sangat mahal dengan harga 650 ribu/Zak.

Sehingga dirinya terpaksa menjual 15.000 / kantong,”tuturnya.

“Kami diharuskan mengambil NPK Pelangi Joss yang harganya 650 ribu/Zak oleh distributor terpaksa saya jual 15 ribu/kantong jadi pupuk urea 125.000 sehingga totalnya 140.ribu.

Dg maro juga mengungkapkan bahwa sekarang jatah pupuk dikurangi ke pengecer beruntung petani tidak bersamaan tanam padi tahun ini karena kondisi cuaca hujan tidak sering turun seperti musim sebelumnya,sehingga petani tidak berdesak-desakan.

Dg Maro juga mengaku bahwa kebutuhan jatah petani diwilayahnya tahun ini sudah di input masuk semuanya namun yang keluar tidak sesuai yang diinput serta aturan baru juga keluar yaitu para petani dalam pengambilan pupuk harus membawa KTP asli dan di Photo beda yang sebelumnya hanya membawa photo copy saja,”ucapnya.( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *