Cegah penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) Desa Sindang Mulya dengan Puskesmas laksanakan Fogging

Terbaru38 Dilihat

BANTEN –  RISETNEWS.COM

Lebak – Dalam rangka menekan penyebaran kasus DBD desa Sindang Mulya dengan Puskesmas Maja melalui dinas Kesehatan kabupaten Lebak-Banten melakukan penyemprotan cair insektisida Higiene lewat metode pengasapan atau fogging. Langkah ini dilakukan menyusul adanya kasus demam berdarah Denguce (DBD) pada beberapa warga desa Sindang Mulya, tepat di kampung Solear Rt.005/Rw.001 yang terjadi pada tanggal 1 Januari 2004. (23/01/24).

Selain melakukan penyemprotan menggunakan desinfektan, pemukiman rumah warga juga dilakukan pengasapan dengan mengunakan mesin fogging untuk mencegah penularan nyamuk DBD, dan juga bertujuan untuk membunuh khususnya pembawa penyakit demam berdarah Dengue.

Pelaksaan fogging atau pengasapan adalah tindakan pengasapan dengan bahan insektisida Higiene yang menyasar lingkungan tempat tinggal warga.

Kepala puskesmas Maja diwakili oleh bidan Aat menjelaskan,” adanya yang terjangkit DBD di desa Sindang Mulya sebanyak 3 kasus untuk,  kecamatan Maja 15 kasus, dengan adanya kasus tersebut, maka pada tanggal 22/01/2024 di kampung Solear RT.005/001 desa Sindang Mulya kecamatan Maja kabupaten Lebak -Banten ini kita laksanakan Fogging,” Jelasnya.

“Fogging memang bisa dilakukan untuk pengendalian penularan DBD, namun harus dibarengi dengan tindakan lain, karena tindakan ini hanya efektif pada nyamuk dewasa saja,” imbuhnya.

Cara sederhana Namun efektif dalam pencegahan penularan demam berdarah adalah melakukan pemberantasan sarang Nyamuk (PSN) dengan strategi 3M plus yaitu
1.menguras,membersihkan dan menyikat tempat penampungan air seminggu sekali
2. Menutup rapat tempat penampungan air
3 . Mengubur dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menimbulkan genangan air sedangkan plusnya adalah menaburkan bubuk larvasida serta memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

Sebelum penyemprotan bidan Enok dan kader posyandu ibu Asmani mengunjungi rumah-rumah warga dan melihat tempat air yang banyak jentik-jentik nyamuk.

Warga menyambut antusias atas kinerja bidan desa dan kadernya melakukan kegiatan demi menghindari penularan DBD marikita lakukan masing-masing rumahnya.

Warga pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan desa Sindang Mulya atau kepada kepala desa H. Nani Permana yang sudah cepat tanggap untuk tindakan penyemprotan fogging tersebut.

Kepala desa Sindang Mulya H Nani Permana mengajak kepada warganya,” mari kita tingkat kebersihan lingkungan masing- masing rumahnya, jangan banyak genangan air yang mengakibatkan jentik-jentik nyamuk. Untuk itu kesadaransadar kita menjaga kebersihan yang sangat bermanfaat buat kita semua, agar lebih sehat untuk warga masyarakat desa Sindang Mulya,” Terangnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *